Ayo Isi Blog

Salam Nogotirto Limo,

Kami mengundang semua warga Nogotirto Limo untuk mengisi blog ini setiap saat. Harapannya, setiap warga dapat menuangkan memorinya menjadi tulisan atau foto atau gambar bergerak di dalam blog ini. Mengingat informasi di dalam blog ini akan diakses oleh orang di seluruh dunia, maka harus ditetapkan sejak dalam hati bahwa bahan yang diserahkan di blog ini memang layak untuk dikonsumsi oleh publik.

Jika bahan berupa tulisan, jangan membayangkan tulisan yang panjang atau rumit. Temanya sederhana saja, tulisannya singkat saja, kalimatnya sederhana juga. Pedoman penting yang dapat dipegang adalah tuliskanlah apa adanya, yang penting fokus. Misalnya, Pak Danang ingin menulis riwayat hadirnya pohon beringin di halaman balai RW, maka fokuskan pada hal-hal yang terkait dengannya. Dari mana pohon itu, kapan menanamnya, siapa saja yang terlibat, dalam situasi apa ditanam; jadi prosesnya. Juga dapat diceriterakan peristiwa apa yang pernah terjadi dengan pohon itu. Tentunya kejadian yang unik dan menarik untuk diceriterakan. Jika mungkin, tuliskan juga adakah pesan moral atau spiritual yang terkandung di dalam peristiwa – peristiwa itu !

Apa yang harus ditulis ? Apa saja yang ada di dalam ruang atau teritori perumahan Nogotirto Limo. Lho apa saja ? Ya semua saja, baik yang terjadi pada masa lampau maupun yang aktual. Pohon tertentu ada riwayatnya, nama jalan ada riwayatnya, cakruk – cakruk ada riwayatnya, gerbang perumahan ada riwayatnya. Ceriterakanlan apa saja benda-benda, keunikan sahabat kita dan kejadian-kejadian di perumahan kita. Jadilah kita semua penulis dan pendokumentasi hal-hal yang besar dan pernik-pernik kecil-kecil di perumahan kita.

Tulisan yang akan dimuat bisa berupa uraian peristiwa besar, misalnya momen acara 17 agustus, malem satu suro, pemilihan RW, dsb. Tetapi juga bisa peristiwa unik antar beberapa orang, misalnya kelompok mancing, kelompok seneng ngepit, kelompok gaple, dsb. Juga pengalaman-pengalaman pribadi yang terkait dengan apapun yang ada di perumahan kita, dsb. Dari tulisan tersebut, sokur kita bisa menunjukkan pesan moral, pesan spiritual atau pelajaran apalah darinya. Jadi kita bisa menulis apa saja dan apa adanya, sambil belajar menjadi orang yang berusaha menemukan hikmah dari kejadian sehari-hari.

Jika terjadi ada beberapa tulisan yang menggarap tema yang sama, janganlah risau. Misalnya tentang riwayat penentuan nama jalan di perumahan kok pakai ikan-ikan, akan ditulis oleh beberapa orang, biarkan saja terjadi. Setiap pelaku sejarah (ingat: kita adalah pelaku sejarah perumahan kita) akan menulis peristiwa yang sama menurut versi dirinya. Jangan risau untuk menjelaskan peran seseorang atau diri sendiri jika memang terjadi. Hal itu sah-sah saja. Teruskan tekad menulis versi diri anda sendiri, sebab tulisan kita bisa menguatkan atau melemahkan atau menambahkan informasi yang pernah ditulis. Hal ini kita lihat bukan sebagai konflik atau upaya menonjolkan diri, melainkan kekayaan dari berbagai versi atau sudut pandang yang mewakili keberagaman kita. Sebuah peristiwa dipandang dengan sudut yang berbeda, maka akan menghasilkan versi-versi dan itu adalah kekayaan. Jangan risau jika hal yang sama pernah ditulis orang lain, usahakan melengkapi atau mengkonfirmasi. Sebab lain, bisa juga, orang melihat ada pesan moral atau spiritual yang berbeda pada peristiwa yang sama.

Jika ada warga dari perumahan lain ingin “nunut tayang” di blog ini, kita welcome juga. Terutama nunut untuk tulisan atau bahan yang sejalan dengan semangat kita yaitu Tetanggaku adalah Saudaraku. Juga tulisan-tulisan lain yang mencerdaskan pikiran, perasaan kemanusiaan, pesan-pesan moral dan spiritual yang mencerdaskan hati dan menyegarkan jiwa religiusitas kita. Kita terbuka pada masukan para sahabat atau media lain yang motif dan dampaknya positif, yang memperkaya ruang jiwa dan batin kita.

Jika ingin dimuat di blog ini, mohon bahan diserahkan kepada kami dalam wujud file elektronik. Jika berupa foto bisa kami terima dalam wujud file elektronik atau foto tercetak yang akan diubah menjadi file elektronik dengan cara scanning. Untuk sementara pengelola blog ini tidak memiliki staf yang membantu menulis / mengetik, jadi mohon file tulisan diserahkan dalam format sudah diketik, bisa file elektronik bisa tercetak (akan di-scan).

Ingat, semua bahan yang tertayang di dalam blog ini akan dibaca oleh semua warga Nogotirto yang ada saat ini maupun yang akan datang. Bahan itu akan melintasi waktu sejarah. Anak-anak kita saat ini akan membaca peristiwa apa saja yang pernah terjadi di perumahannya, juga anak-cucu kita akan melihatnya. Mereka akan merekamnya, menarik hikmah dan mungkin akan terpengaruh. Mereka akan mencontoh kemuliaan dan kebijaksanaan para pendahulu mereka. Keadaan yang paling jelas, mereka akan memiliki bahan yang cukup untuk lomba cerdas-cermat khas Nogotirto Limo 17 Agustusan setiap tahun !

Nah, agar terhindar dari masalah plagiarism, usahakan tuliskanlah sumber bahan yang digunakan di dalam tulisan atau foto. Pengelola akan selalu menuliskan sumber foto, jika memang foto bukan milik pribadi kami, melainkan dari milik warga Nogotirto Limo yang lain. Hal ini sangat penting untuk membangun sikap menghormati hak karya intelektual. Orang Nogotirto Limo ya harus etis, jika meminjam ya bilang, kan itu namanya berakhlak mulia !

Nogotirto Limo akan terus hidup dan menembus batas ruang dan waktu sejarah !

Hidup Nogotirto Limo !!!!

Salam,

Djarot Purbadi

Responses

  1. Salam jumpa Pak Jarot

    Saya ada usul… satu lagi komunitas yang kalau diijinkan bisa di publish..

    Yaitu Slemania Nogolimo sala satu laskar baru Slemania.

    Scara resmi berdiri 2 tahoen lalu, sedangkan untuk rintisannya sudah sejak 2002 mulai dari saat PSS bertanding di tridadi lalu k mandala krida dan kembali lagi d tridadi hingga sekarang sudah memiliki stadion sendiri Maguwo harjo International Stadium.

    Untuk anggota semua warga nogotirto elok 5, sedangkan yang aktif berjumlah 35 orang.
    Smoga sedikit saran ini bisa d terima untuk foto2 bisa d ambil lewat friendster or bisa berhungan melalui alamat e-mail & menambah unity in diversity nogotirto 5 sebagai miniatur Indonsia.

    Terimakasih. SALAM SATOE HATI By: Slemania Nogo_limo

  2. Weh lhah, saya kaget juga, ternyata ada pandemen Slemania. Oke, kita welcome atas kemunculan panjenengan. Jika boleh memohon, aktiflah mengirim informasi ke kami secar a langsung atau via email. Saya sebenarnya nggak ingin ada sensor-sensoran di blog kita, ya kita tahulah ukurannya adalah etika dan kesopanan agar bisa hidup rukun dan damai bagaikan saudara seperti slogan kita warisan dr Budi itu !

    Kami tunggu ya mas dan mbak Slemania…..minimal perkenalan atau bagaimana…anda pastilah lebih tahu ! Jika ada blog untuk komunitas Slemania Nogotirto Limo…kita tinggal bikin link di dashbord ini !

    Salam,

    Djarot Purbadi

  3. Sugeng enjing Pak Jarot,
    Saya salut dan bangga sekali dengan panjenengan lho. Usaha untuk memajukan Nogo Lima heeuuubat. Saya ada usul, inventaris foto-foto masa lalu, susunan Pengurus RW masa lalu dll. bisa dimuat di blog ini. Biar untuk warisan anak cucu, kalau kita dulu penuh perjuangan di komolek ini. Saya bisa mbantu sithik-sithik. Mekaten pak, kulo pamit rumiyin, Pareeeeng.

  4. Pak Is yang baik, matur nuwun atas tanggapan dan usulannya.
    Saya sekedar berbuat sesuatu yang bisa diperbuat untuk melestarikan semangat kerukunan di perumahan kita. Pengalaman bagus ini menurut saya perlu diketahui saudara-saudara yang lain dimanapun dan kapanpun. Eeee siapa tahu ada nilai yang bisa diteladani, bukan untuk menggurui lho pak, yah sekedar berbagi pengalaman saja.

    Untuk usulan yang bagus itu, kita memang memerlukan partisipasi semua warga. Saya bahkan membayangkan ada adik-adik yang mau menjadi voluntir (relawan) menulis apa saja tentang kejadian di perumahan kita yang perlu diabadikan. Bisa foto bisa tulisan bahkan bisa apa saja. Singkatnya, blog ini memerlukan wartawan-wartawan lokal yang profesional dan relawan !

    Monggo Pal Is kita ajak adik-adik atau bapak-ibu untuk mengisi blog ini dengan bahan-bahan yang unik warga Nogolimo !

    Nuwun Pak,

  5. Pak Jarot Yth,
    Saya mbok dikasih tahu email yang bisa dihubungi.
    Soalnya saya mau ngirim teks, foto dll.
    Matur nuwun.

  6. Pak Is, emailnya nogotirtolimo@yahoo.com atau nogotirtolimo@gmail.com
    Kirimannya selalu ditunggu lho pak,
    Nuwun sanget.

  7. saksikanlah keroncong nuansa nada nogotirto 5 pimpinan bpk H.Tugiman pada acara rolasan di jogja tv pada hari selasa,4 november 2008 pukul 11.30-12.30 wib LIVE !!

  8. Selamat pagi, Pak Djarot.
    Saya dulu penghuni temporer alias kontraktor rumah jl. arwana 66, samping pak Agus, Pak Sarwanto, depan pak Andreas, Merasa Surprised dan ikut senang melihat website nogolimo akhirnya mengudara. Banyak kenangan manis yang kami sekeluarga rasakan saat tinggal di sana, suka duka jadi ketua RT 03, canda tawa di cakruk, dan hidup bertetangga yang penuh dengan ambience kental kekeluargaan. Smoga hal-hal yg baik tadi bisa tetap dilestarikan. Salam buat semua warga nogolima tercinta. Best of Luck n Success untuk websitenya.

  9. Pak Ary yang baik, terima kasih atas tanggapannya. Blog ini memang dimaksudkan untuk jembatan tali silaturahmi bagi seluruh warga Nogolimo….termasuk panjenengan, meskipun bisa disebut mantan warga atau bagaimana sumonggo saja. Jika panjenengan berkenan, saya undang untuk mengisi blog ini dengan ceritera kenangan…yang baik-baik…dan menambah kerinduan kita untuk berjumpa….semoga ikatan batin kita masih tetap tersambung melalui sarana super canggih ini !

    Jika ada berita apapun, kami juga masih ingin mendengar tentang Pak Ary dan keluarga. bagaimana Bu Ary dan para putra-putri….yang mungkin penting juga: kapan dolan ke Nogotirtolimo. Nanti jika ingin hadir pada acara SYAWALAN yang rutin digelar di balai RW akan kita umumkan di blog ini….silahkan hadir dan bernostalgia dengan warga dan keluarga besar perumahan Nogotirto Limo.

    Informasinya ditunggu loh Pak ! Salam kami semua untuk keluarga, semoga Pak Ary dan keluarga selalu sukses dan bahagia !

  10. saksikanlah keroncong nuansa nada nogotirto 5 di jogja tv jam 11.30 s.d 12.30 hari selasa tgal 25 novemver 2008 . LIVE !!!

  11. As.wr.wb. Nderek mangayubagyo, kagem keluarga Bpk/Ibu Suranto dan Bpk/Ibu Mardin ingkang bandhe nindakaen ibadah haji, mugi-mugi dipun paringi kelancaran ibadahipun lan dados haji ingkang mabrur. Amin (Kel. H.Tugiman)

  12. Sugeng ndalu P.Djarot…! Ngaturi informasi, mbenjang Selasa tgl 25 November 2005 jam 11.30-12.30 WIB Keroncong Nuansa Nada Nogotirto Limo pimpinan Bpk. H. Tugiman tampil malih wonten acara ROLASAN Jogja TV LIVE. Mohon saged dipun sosialisasiaken lan mohon doa restunipun. Nuwun

  13. Sugeng enjang P.Djarot. Terima kasih atas atensi dan motivasinya kepada keroncong Nuansa Nada yang sudah 2 kali tampil di JogjaTV dan berkat dukungan maupun komitmen dari semua warga Nogotirto Limo alhamdullillah “Nuansa Nada” telah mendapat sambutan yang cukup antusias, khususnya oleh masyarakat pendemen irama keroncong. Ini terbukti bahwa ada salah satu penelpon yakni bpk. Wisnu Wardhana selaku pengemat dan sekaligus beliau juga pendemen keroncong suatu saat pengin nonton di agenda latihan kami di Nogotirto Limo. Kami sudah diminta oleh JogjaTV untuk bisa mengisi acara ROLASAN setiap bulannya minimal 1 kali. Perlu diinformaskan bahwa untuk minggu ke-3 bulan Desember 2008 insaalloh Nunasa Nada sudah ada jadwal mengisi di TVRI Jogjakarta acara “KERONCONG REQUES pukul 20.00-21.00, mohon dukungan dan evaluasinya. Nuwun (Hj. Nanik)

  14. Kegem P.Djarot, rencana ide untuk lagu Keroncong Nogotirto Limo sangat bagus dan akan memberikan warna bagi Nuansa Nada Nogotirto Limo. Kami juga sangat mengaharap ide syair dari bpk yang nanti akan kami olah untuk jadi lagu identitas Nogotirto Limo. Nuwun (Hj. Nanik)

  15. Waaah hebat banget lan sae sanget. Kita sangat bangga atas prestasi Keroncong Nuansa Nada yang melejit lewat penampilannya yang sedemikian ruaarr biasa. Saluut atas semuanya iru. Saya jadi pengin menyaksikan latihannya, tetapi syaratnya saya jangan diminta menyanyi sebab menyanyi adalah pekerjaan yang paling saya nggak bisa. Diminta melihat dan mengomentari bisa tetapi disuruh menyanyi trimo ngalah. Jadi, gajah diblangkoni, bisa kojah ora bisa nglakoni…..tentang syair keroncong Nogotirto Limo, saya percaya seniman Nuansa Nada pasti bisa menciptakan, tinggal merasakan situasi perumahan kita yang bersemangat Tetanggaku adalah Saudaraku. Sekali lagi saluuut dan kita berdoa semoga Nuansa Nada terus berjaya dan sukses !

  16. salut buat pak DJAROT teknologi informasi canggih sudah masuk keperumahan nogotirto V, saya sebagai perintis paguyuban warga perumahan nogotirto V bersama pak LELO pada tahun 1990 sangat bangga dengan kemajuan ini. salam buat warga semua untuk pak ISYUNIARTO masih ingat kah dengan saya?, begitu juga untuk pak TUGIMAN ternyata perumahan kita punya buaya keroncong juga ya, salut deh.
    Trim’s

  17. Kami sekeluarga mengucapkan:
    SELAMAT MERAYAKAN NATAL, 25 Desember 2008
    SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU HIJRIYAH 1430, 29 Desember 2008
    SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU, 1 Januari 2009
    kepada seluruh warga di Perumahan Nogorito V yang merayakan.
    Semoga kedamaian, kesejahteraan dan kesuksesan senantiasa selalu beserta kita sekalian.
    Salam: Wibisono n keluarga, Jl Pari K-98

  18. Kami warga Nogotirto di Perantauan (Rep Mlangi) mengucapkan Selamat natal dan tahun baru 2009.

    semoga kedepan akan lebih sukses

    Bravo Nogotirto Lima

  19. wee yg ngisi blog koq bpk” smua to… mana nihh pemudanya??
    aio smangat pemuda/i nogo limo…!!!

  20. makasih tuk pak jarot… yok piye ki RW ne baru ngerti sek duwe blok, alasan sibuk kantor po dodolan kembang po lain-lain.hehe.. ok warga lan pemudane tak semangatane. tuk isi. salam tuk pak jarotsekeluarga dan kepada warga perum nogotirto limo. I Love You Just The Way You are …aku mencintaimu seperti apa adanya

  21. wahh sebentar lagii saudara kita yg kelas 6 SD, 3 SMP, 3 SMA akan menjalani ujian kelulusan…

    mari kita doakan supaya mereka dapat mempersiapkan dengan baik hingga pada akhirnya lulus semua dan dapat melanjutkan jenjang pendidikan yg sesuai dgn mereka…

    amien…

  22. Pak Djarot, pie kabar’e pemilu tanggal 9 April yang lalu sukses toh.
    Maaf pak djarot kemaren saya terpaksa golput, karena kekurangan aktif saya menanyakan ke pak RT. tentang DPT.
    Maklum saya yang dirantau hanya sebulan sekali aktif di arisan.
    Pada arisan bulan Maret 2009 dirumah pak asep waktu saya tanya masalah DPT pak RT belum tahu.
    Kebetulan saya di kota jadi ketua KPPS di kota, jadi sudah tidak sempat menanyakan lagi ke pak RT 05.
    Maka sekarang saya dapat mendaftarkan diri Daftar Pemilih untuk Presiden nanti di kota dengan mengisi Form yang disediakan RT di kota.
    Jadi mohon kepada pak RT 05 untuk tidak mendaftarkan diri saya sebagai pemilih Presiden nanti di RT 05
    Terimakasih banyak pak djarot.
    TTD
    Sudarman

  23. Baik Pak Sudarman (asmane Jowo ning priyayine luar Jowo, piye ta iki ?), besuk tak catat untuk tidak didaftar di perumahan Nogotirto Limo….Soal DPT memang baru tahu sehari sebelumnya yaitu saat undangan diedarkan….jadi ya begitulah…tetapi tidak kacau kok pak, kita bahkan juara nomer pertama sebagai pengumpul penghitungan suara. Peta politiknya tanyakan ke pak Bambang TM yang mewakili kita RT 05 sebagai petugas !

    Salam,
    Djarot

  24. Matur nuwun banget pak djarot, biasa anak serdadu jeneng’e jowo nanging priayi luar jowo, margo bapaknya serdadu SU dah DAR i MAN a.-2

  25. Salam kenal.
    Salut sama warga nogotirto
    Ini namanya mengglobalkan kampung
    Nogotirto bisa dikenal luas masyarakat dunia
    he he he
    saya bukan warga nogotirto lho, tapi warga kampung puluhdadi seturan

  26. Salam kenal juga dari kami warga Nogotirtolimo. Matur nuwun atas apresiasinya. Ya benar, kami ingin mempersilahkan warga dunia mengenal warga Nogotirtolimo supaya terjadi saling belajar hidup yang baik. Berita baik kan perlu diketahui semakin banyak orang supaya dunia menjadi semakin baik juga.

    Mas Bambang, jika panjenengan kagungan tulisan yang berguna untuk membangun hidup bersama atau sekedar dagelan, silahkan kirim kepada admin untuk ditayangkan di blog ini. Ini undangan berlaku untuk siapapun, supaya kami di perumahan juga bisa belajar dari saudara-saudara yang lain.

    Salam hangat dari warga Nogotirtolimo.

  27. Pak Djarot ayo kemana menghilang waktu arisan ditempat saya kok gak datang ?

  28. Selamat malam pak jarot, terima kasih atas responnya , hanya itu yang bisa guthos berikan kepada seluruh warga. terima kasih dukungan moril maupun materiel. mohon maaf kalau ada yang tidak berkenan dengan tampilan guthos. monggo rawuh di piramid cafe setiap hari senen malam jam 21.30-11.30 guthos tampil menghibur para sesepuh .inf : besok tgal 5 agustus 2009 guthos tampil di TVRI jam 20.00 – 21.00 WIB.

  29. Pak Tugiman, beritanya sudah saya muat.

  30. Besuk 17 an thn 2010.kalau bisa tetap kta adakan walau pas barengan Puasa..jadi mungkin mulai lomba2 pertengahan Juli..dan selesai sebelum puasa..tgl 10 Agustus..kalau malam keseniannya..kan bisa malam terserah..

  31. Salut dengan kekompakan teman-teman di NogoLimo. Jadi teringat masa-masa lalu ikut tujuhbelasan di Nogolimo.

    Saya baru dapat info blog ini dari Pak Djarot Purbadi, senang akhirnya bisa bersilaturahmi dengan teman-teman di Nogolimo lagi.

    Salam untuk teman-teman semua.

    Eko Jalu Santoso
    K-87

  32. buat segenap warga nogolimo sekalian,
    mari dukung dan saksikan film dokumenter kecil”an seputar nogolimo pada saat acara tirakatan 17an besok. Film ini dipersembahkan para pemuda hanya untuk nogolimo tercinta!

    matur nuwun ^-^

    abhinowo J-107

  33. salam kpd bapak Jarot, sukses selalu, Tuk mas Abhi jangan lupa tuk film dokumenter kecilnya tuk tahun 2007-2009 semua semua kegiatan perum Nogo 5, film nya ada disaya, bisa dipakai, ok sukses tuk pemuda nogo lima

  34. Pak Djarot,
    Blog nya bagus banget, saya bangga pernah tinggal di Nogotirto Limo. Banyak kenangan disana.

    Tetanggaku adalah saudaraku, betul adanya dan juga saya rasakan. Walaupun generasi seangkatan saya sudah merantau kemana-mana, tapi kami masih tetap menjalin tali silahturahmi, sebagai saudara.

    Jaya Nogotirto Limo

  35. Pak Djarot…

    Tahun 2011 ini blognya kok sepi gak ada yang ngisi…padahal sudah banyak sekali kegiatan yang sdh kita lalui, salut untuk NOGOTIRTO LIMO rasanya berat untuk tdk bersamanya “Tetanggaku adalah Saudaraku”

    Salam,

  36. syawalan .yukk..hari ini 11 september 2011..semoga semua pada hadir..

  37. Mohon maaf kalo sy lancang,sy hnya penghuni sementara di nogo limo ini,padahal sy berharap bsa tinggal selamanya,tetapi berhubung kontrakan habis n tidak bsa diperpanjang lg,maka mau tdak mau bulan juni sy sdah meninggalkan nogo limo tercinta!!!!
    hanya sedikit masukan sja untuk smua sdra2 nogolimo,motto TETANGGAKU SAUDARAKU tlng benar2 diterapkan!!!!
    baik dlam keadaan kta sedang kesusahan atw trkena musibah,maaf seblumnya,bila dikampung kmi jika ada anak tetangga yng sdang menangis tengah malam,psti tetangga terdekat akan datang dan menanyakan ada apa?sdang sakit atw ada apa?
    tetapi bagi kami itu belum kami dapatkan atau temukan,kami jauh dari keluarga,jdi kmi berharap tetangga kami bsa menjdi kelrga.
    terimakasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: