Posted by: djarotpurbadi | December 18, 2008

Mengenal Mas Harbiyanto

Petugas keamanan kita yang satu ini bernama Harbiyanto, usia sekitar 28 tahun dan sudah berkeluarga dengan dua orang anak. Alamat rumah di dusun Niten, Nogotirto RT 7 / 12, Gamping Sleman. Pendidikan lulus Mts tahun 1999 dan memiliki sertifikat Diklat Satpam oleh Polda DIY tahun 2002. Beliau sudah berpengalaman menjaga kompleks perumahan, antara lain di Tata Bumi selama tiga tahun. Beliau bekerja secara kontrak di perumahan Nogotirto Limo sejak Mei 2008, setelah melalui proses “fit and proper test” yang ketat, bersaing diantara lima orang pelamar.

Pagi ini kami berbincang-bincang sebentar soal kenyamanan bekerja di perumahan Nogotirto Limo. Setelah bicara kesana-kemari, beliau berceritera bahwa salah satu masalah yang selalu dihadapi adalah persoalan jaga malam hari. Lho kenapa ? Sebab jika jaga malam rasanya memeras tenaga dan biasanya terasa sangat lapar, sehingga memerlukan makan malam kedua. Umumnya jika sudah larut malam perut terasa sangat lapar sekitar jam 2.00, sehingga sulit mencari makan. Biasanya, dini hari itu satu orang pergi mencari makan di angkringan depan pasar Telagareja, dan satu orang jaga di pos. Itulah yang selalu mereka lakukan. Menunya apa mas, tanya kami. Jawabnya dengan malu-malu:”Nggih namung sego kucing niku pak”.

Tampaknya, kesulitan petugas keamanan ini perlu menjadi perhatian warga perumahan Nogotirto Limo. Artinya, ada peluang untuk membantu kesulitan mereka. Tetapi itu semua tergantung niat hati, sebab sekitar jam 2.00 adalah waktu yang sangat nyaman untuk tidur di bawah selimut, sementara di luar petugas keamanan kita menderita kelaparan dan kelelahan. Selain itu, jika dipikirkan mendalam sampai ke hati nurani yang paling dalam, kita bisa merenungkan, apakah dengan gaji saat ini kehidupannya sudah sejahtera dengan satu istri dan dua orang anak ?

Barangkali kita bisa bangga punya petugas keamanan, tetapi kebanggaannya tentu kurang tuntas, sebab menu makan malam mereka ya sekedarnya, sego kucing ! Belum lagi kalau mereka sakit…..sebab menu seperti itu tentu tidak akan menjamin mereka sungguh sehat dalam jangka panjang. Lho, apakah ini masalah kita ?

Mas Harbiyanto duduk di dekat Pos Keamanan (18 Des 2008)

Mas Harbiyanto duduk di dekat Pos Keamanan. Kehadirannya di perumahan menciptakan rasa aman yang sangat bernilai bagi warga perumahan Nogotirto Limo (18 Des 2008)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: